Unesa selenggarakan Diseminasi Hasil Program BEC-TF kerjasama dengan World Bank untuk dukung meningkatkan tata kelola pendidikan dasar dalam era desentralisasi
Mendekati akhir dari penutupan program BEC-TF, hasil yang diharapkan telah disampaikan, praktek yang baik telah dilaporka, dan pengetahuan yang dihasilkan telah didokumentasikan dengan baik. Tahap berikutnya adalah berbagi semua hasil tersebut kepada pemangku kepentingan pendidikan yang lebih luas melalui kegiatan lokakarya diseminasi hasil BEC-TF. Dipimpin oleh Direktorat SMP Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), diseminasi akan menjadi kendaraan untuk mempromosikan dan mereplikasi pada kabupaten dan provinsi yang lain melalui penyelenggaraan lokakarya, talk show, konferensi pers, dan pameran. Pejabat kunci di SKPD pendidikan kabupaten/kota, Bappeda/Bappeko, Komisi Pendidikan DPRD kabupaten/kota, DPPKAD kabupaten/kota, pemimpin tertinggi daerah, dan LSM untuk pendidikan diundang untuk menghadiri lokakarya disemonasi hasil kegiatan program BEC-TF.
Tujuan utama dari lokakarya diseminasi hasil program BEC-TF adalah untuk berbagi pengetahuan dan praktik-praktik yang baik yang dihasilkan dari program BEC-TF kepada para pemangku kepentingan pendidikan yang lebih luas di tingkat regional untuk berkontribusi pada upaya meningkatkan tata kelola pendidikan yang lebih baik. Adapun hasil-hasil BEC-TF yang akan didiseminasikan antara lain:
a) Reporting and Information Management by Schools (TRIMS)
TRIMS merupakan aplikasi pendataan pendidikan yang secara otomatis menyediakan bahan dan informasi indikator utama dalam pendidikan, termasuk capaian Standar Pelayanan Minimum (SPM) pendidikan bagi sekolah/madrasah serta kabupaten, dalam bentuk grafik dan tabel.
b) BOSDA Berformula
Bosda (Bantuan Operasional Sekolah oleh Pemerintah Daerah) yang berasal dari APBD I dan APBD II. Alokasi BOSDA cenderung lebih rendah dibanding BOS. Penghitungan BOSDA berdasarkan hal tersebut dirasa kurang adil. Dalam seminar ini akan dipresentasikan formula baru tersebut dan para peserta akan dilatih menghitung Bosda yang lebih adil karena telah memperhitungkan beberapa aspek pembiayaan.
c) WAPIK http://www.wapikweb.org
WAPIK adalah program aplikasi (online) untuk berbagi informasi dan pengalaman pengelolaan pendidikan yang baik (good practices) agar dapat dipraktikkan atau direplikasi, dan dimodifikasi oleh pendidik dan tenaga kependidikan di tempat lain. Dalam seminar ini peserta akan mengetahui bagaiamana mengaplikasikan program WAPIK dan mendapat kesempatan untuk menggunakannya.
d) Support My School (SuMS) http://bantusekolahku.kemdikbud.go.id
SuMS atau Bantu Sekolahku adalah sebuah situs aplikasi online yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi masyarakat pendidikan termasuk sekolah maupun masyarakat lebih luas untuk menyampaikan permintaan bantuan yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan sekolah.. Dalam seminar, para pesertaakan dapat mulai memanfaatkan program Bantu Sekolahku untuk mendukung perbaikan kualitas pendidikan.
e ) Safe Energy Efficient Schools/CERDAS (Clean Energi Rescources to Drive Advances in Schooling)
SEES (Safe and Energy Efficient School) yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah riset CERDAS (Clean Energy Resources to Drive Advances in Schooling) merupakan program kolaborasi antara inisiatif Pengurangan Risiko Bencana dengan Pengembangan Pendidikan. Melalui program Sekolah Aman, pemanfaatan Energi Terbarukan (Renewable Energy) dirintiskan di beberapa sekolah terpencil mendapatkan manfaat yang besar dari pemasangan energi terbarukan (panel surya dan turbin angin) serta pembagian Lampu LED yang dapat diisi ulang untuk belajar di rumah.
f ) Education Public Expenditure Review (EPER)
Merupakan studi yang dilakukan oleh Bank Dunia tentang pembiayaan pendidikan baik tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota. Dalam studi ini menghitung efektifitas biaya pendidikan dan efisiensi pembiayaan pendidikan per jenjang pendidikan, serta menghitung tingkat pengembalian investasi dibidang pendidikan.
g) Monitoring Evaluation – Complaint Handling
MECH adalah fasilitas daring (online) yang dapat digunakan untuk menyalurkan keluhan agar ditindak lanjuti oleh Kemendikbud. Peserta khususnya pihak sekolah dan orang tua siswa akan diajari menggunakan fasilitas terserbut dan pihak kantor dinas pendidikan juga akan diajari menangani dan menjawab keluhan tersebut.
Kegiatan ini digelar selama dua (2) hari mulai tanggal 2 hingga 3 Maret 2013 di Hotel Utami di Jl. Raya Juanda Selatan, Bandara Surabaya, Indonesia. Keterangan mengenai informasi ini dapat menghubungi Silvia 087854911103, Arum 087852599202.
Kepala Humas, Dr. Suyatno, M.Pd.
Kepala Humas, Dr. Suyatno, M.Pd.