Jumat, 12 Oktober 2012

KERJASAMA BANK DUNIA - UNESA UNTUK KEMBANGKAN KULIAH PRAKTIK YANG BAIK

Saat ini, dalam dunia perkuliahan banyak terjadi dinamika yang memacu tenaga pendidik (dosen) untuk mengembangkan cara-cara pengajaran dan pembelajaran yang baik dan efektif. Fenomena ini ditangkap oleh Bank Dunia selaku lembaga internasional yang perduli terhadap perkembangan-perkembangan dalam dunia pendidikan Mengacu pada hal diatas, World Bank bekerjasama dengan Unesa mengadakan lokakarya praktik yang baik dalam pendidikan yang bertemakan “Berbagi Pengalaman dan Penulisan Praktik Yang Baik”. Kegiatan ini digelar di tiga lokasi, di Surabaya untuk wilayah Indonesia Tengah, di Makasar untuk wilayah Indonesia Timur dan di Jakarta untuk wilayah Indonesia Barat. 

Kegiatan yang di awali di Surabaya, 28 - 30 September 2012 di gedung Oriental Mandarin Majapahit Hotel ini dibuka secara resmi oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Muchlas Samani serta perwakilan dari World Bank Divisi Pendidikan, Petra Wiyakti Bodrogini. Lokakarya ini diikuti oleh peserta dari Perguruan Tinggi Negeri yang berbasis LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan) yang berprofesi sebagai Dosen dan Praktisi Pendidikan lainnya di tingkat LPTK wilayah Indonesia Tengah dan NTB.

Rektor Unesa didampingi PR-I, Prof. Kisyani Laksono (kiri) dan staf kerjasama
PR-IV, Martadi, M.Sn (kanan) saat pembukaan acara di Oriental Mandarin Majapahit Hotel Surabaya.


Kemudian, kegiatan ini berlanjut ke wilayah  Indonesia Timur yaitu Universitas/LPTK di Papua, Maluku, Kalimantan Timur, dan Sulawesi. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Horison Makassar, 12 - 14 Oktober 2012. Dari kegiatan ini diharapkan teridentifikasi dan terdokumentasikan beragam praktik yang baik yang telah berhasil memberi perubahan positif bagi pendidikan di Indonesia Timur. Seperti Muji Sri Prastiwi (Unesa) yang berhasil membelajarkan teori evolusi manusia melalui software bagi mahasiswanya, atau Minta Harsana (UNY) yang berhasil membangun link jaringan kerja bagi lulusannya.

Setelah dari Makasar, kegiatan dilanjutkan di Jakarta yang direncanakan dilaksanakan 18 - 21 November 2012 untuk mewakili Universitas/LPTK yang berada di Indonesia bagian barat. (yoyo/humas)