Selasa, 16 Oktober 2012

UNESA BERANGKATKAN 178 SARJANA PROGRAM SM-3T KE WILAYAH 3T

Program SM-3T adalah program pengabdian sarjana pendidikan untuk berpartisipasi dalam percepatan pembangunan pendidikan di daerah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) selama satu tahun sebagai penyiapan pendidik profesional yang akan dilanjutkan dengan Program Pendidikan Profesi Guru.

Program 
SM-3T dimaksudkan untuk membantu mengatasi kekurangan guru, sekaligus mempersiapkan calon guru profesional yang tangguh, mandiri, dan memiliki sikap peduli terhadap sesama, serta memiliki jiwa untuk mencerdaskan anak bangsa, agar dapat maju bersama mencapai cita-cita luhur seperti yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa Indonesia.

Sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia peningkatan mutu pendidikan di daerah 3T perlu dikelola secara khusus dan sungguh-sungguh, utamanya dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, agar daerah 3T dapat segera maju bersama sejajar dengan daerah lain, karena mengingat daerah 3T memiliki peran strategis dalam memperkokoh ketahanan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada program 
SM-3T tahun 2012 UNESA kali ini memberangkatkan 178 sarjana ke daerah 3T, seperti Kabupateh Talaud, Sumba Timur, Aceh Singkil dan Maluku Barat Daya. Tugas mereka disana tidak hanya sekadar bertugas mengajar tetapi juga melakukan tugas sosial dan pemberdayaan masyarakat untuk mendukung program pembangunan pendidikan dan kebudayaan di daerah 3T.

Sebelum diberangkatkan ke daerah tugas terlebih dahulu mereka harus lolos seleksi tingkat nasional dan LPTK yaitu seleksi administrasi dan akademik. Setelah lolos mereka harus melaksanakan tahap PRAKONDISI disini mereka dilatih dibidang akademik dan non akademik. (arie/yoyo/humas)

Peserta SM-3T siap mengabdi di wilayah Kabupateh Talaud, Sumba Timur,
Aceh Singkil dan Maluku Barat Daya