Senin, 20 Mei 2013

S1 TATA RIAS UNESA GELAR DEBUT BARU PAGELARAN FANTASI DI ROYAL PLASA


Menjadi penata rias profesional memang memerlukan perjuangan dan pengalaman yang lebih ekstra demi meraih kesuksesan. Pengalaman, percaya diri dan kemampuan merupakan kunci sukses dalam bidang tata rias ini. Namun pada dasarnya penata rias hanya sekedar memoles seseorang sehingga terlihat cantik dan anggun, beda halnya dengan kemampuan tata rias yang dimiliki oleh mahasiswa prodi S1 Tata Rias Unesa. Mereka tidak hanya bisa merias wajah menjadi cantik, namun mereka mampu merias seseorang menjadi berbagai karakter. Tidak hanya itu mereka juga mampu menjadikan karakter yang mereka rias menjadi sebuah tontonan yang sangat menghibur dan ditonton oleh ribuan masyarakat yang turut hadir pada pagelaran tersebut.

Spektakuler, luar biasa, cerdas dan profesional. Itulah yang bisa dilihat dari debut terbaru mahasiswa S1 Jurusan Tata Rias Fakultas Teknik Unesa saat menggelar acaranya di Center Point Royal Plasa Surabaya (14/5). Mereka 
menampilkan kemampuan riasnya dihadapan masyarakat luas dengan mengadakan sebuah pertunjukan yang megah dan disaksikan oleh penonton yang memadati pusat perbelanjaan ini. Acara yang berlangsung di Royal Plasa siang itu terbagi dua sesi, pertama merupakan mata kuliah tata rias Pengantin Indonesia 2 dan kedua Pagelaran Fantasi.


Hasil kreasi Tata Rias Pengantin.

Salah satu Pagelaran Fantasi yang ditampilkan mahasiswa S1 Tata Rias di Royal Plasa.

Menurut Sri Usodoningtyas selaku dosen tata rias, Pagelaran Fantasi merupakan karya terakhir yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2009 dimana mereka merias karakter seseorang menjadi seperti ikan hiu, buaya dan sebagainya dan menjadikannya sebuah pertunjukan yang menarik di atas panggung layaknya drama atau teatrikal yang di selingi oleh narasi-narasi yang menghibur para penonton pada umumnya. Sedangkan pada mahasiswa angkatan 2010 mata kuliah Tata Rias Pengantin yang terdiri dari seluruh pengantin yang ada di pulau Jawa dan merupakan rangkaian akumulasi dari pelajaran-pelajaran tata rias pengantin yang sudah di kerjakan. 

Prodi S1 Tata Rias memang selalu mengadakan acara ini tiap tahunnya. Hal ini dilakukan demi meningkatkan skill mahasiswa dan menambah pengalaman bagi mahasiswa S1 Tata Rias juga sebagai pencitraan Unesa pada umumnya. Pada setiap tahunnya di semester genap prodi ini  melakukan tata rias Pengantin dan Pagelaran Fantasi. Sementara pada semester ganjil, menyelenggarakan bridal tata rias Pengantin Internasional dan Pengantin Indonesia yang merupakan pengantin seluruh Indonesia selain di pulau jawa. Tak lepas kegiatan ini juga pada sejatinya menumbuhkan rasa percaya diri, berbagi pengalaman dan sebagai ajang promosi kemampuan mereka. “Ini demi menumbuhkan rasa percaya diri siswa, agar mereka percaya diri dan yakin bahwa karya mereka diakui dan diterima masyarakat. Pada saat mereka melakukan praktek kerja lapangan, mereka memang sudah banyak dicari oleh para praktisi, nah disini mereka juga bakal mempromosikan karya-karyanya dikarenakan yang hadir di sini banyak dari para praktisi-praktisi tata rias se-Jawa Timur,” ungkapnya. (gilang/humas)